Hari Pertama Pelajaran

Rabu, 03 Juni 2015
Guru Efektif:
  1. Menggunakan naskah untuk mengorganisasikan kelas minggu pertama pelajaran.
  2. Terus-menerus memperoleh pengetahuan dan keterampilan.
  3. Menghasilkan bukti.
  4. Berpengaruh dengan kuat dan menyentuh kehidupan.
"Guru yang berhasil memiliki naskah atau rencana yang siap untuk hari pertama pelajaran."

Apa yang Anda lakukan pada hari pertama pelajaran akan menentukan keberhasilan dan kegagalan Anda bagi sisa waktu selama tahun pelejaran. Mengetahui bagaimana menyusun hari pertama pelajaran yang berhasil akan meletakkan tahap bagi kelas yang berhasil dan tahun pelajaran yang berhasil. Profesor perguruan tinggi Douglas Brooks menayangkan video kisah guru pada hari pertama pelejaran mereka. Mengamati rekaman berikutnya, dia membuat penemuan yang mengejutkan. Guru yang tidak efektif memulai hari pertama pelajaran mereka dengan mencakup materi pokok atau memberikan aktivitas yang menyenangkan. Guru ini menghabiskan sisa waktu tahun pelajaran mengemong para siswa.

Guru efektif menghabiskan waktu mengorganisir dan menyusun ruang kelas mereka sehingga para siswa mengetahui apa yang dilakukan agar berhasil. Hal paling penting untuk dibangun dalam minggu pertama pelajaran adalah KONSISTENSI. Orang ingin tahu dengan pasti apa yang mereka akan peroleh dan apa yang akan terjadi. Para siswa tidak ingin kejutan-kejutan atau kekacauan-kekacauan. Konsistensi mencegah mereka dari bertanya, "Apa yang kita lakukan hari ini?"

Para siswa ingin lingkungan yang aman, dapat diprediksi, dan yang mengasuh--satu adalah konsistensi. Para siswa gemar kelas yang ditata dengan baik karena tidak seorang pun mengeluhkannya, dan pembelajaran berlangsung. Guru efektif yang menghabiskan dua pekan pertamanya mengajar para siswa dapat mengontrol perilaku mereka sendiri dalam lingkungan ruang kelas yang konsisten.

Guru efektif mengajarkan prosedur manajemen kelas yang menciptakan konsistensi. Ruang kelas mereka peduli, merangsang pemikiran, menantang, dan secara akademik berhasil. Ruang kelas yang tertata baik adalah fondasi bagi belajar di dalam ruang kelas.

Guru efektif memiliki rencana pembelajaran dan prosedur yang menghasilkan pembelajaran siswa.
Guru efektif menyiapkan naskah pembelajaran untuk hari pertama pelajaran mereka.
Seorang pelatih menyiapkan naskah untuk 10 hingga 20 permainan pertama pertandingan sepakbola, koordinator pesta perkawinan memiliki rencana atau agenda bagi urut-urutan kejadian pada pesta perkawinan. Seperti juga, guru efektif siap dengan naskah atau rencana manajemen kelas pada hari pertama pelajaran.

Guru efektif membangun kontrol kelas yang bagus dalam minggu pertama pelajaran. Kontrol tidak melibatkan ancaman atau intimidasi. Kontrol berarti bahwa Anda tahu (1) Apa yang Anda sedang lakukan, (2) prosedur kelas Anda, (3) tanggung-jawab profesional Anda. Hal ini sangat menentramkan para siswa bahwa Anda mengetahui apa yang sedang Anda lakukan.

Ada bukti yang melimpah bahwa dua hingga tiga pertama pelajaran adalah masa kritis dalam menentukan bagaimana baik para siswa akan meraih untuk sisa waktu tahun pelajaran.
Anda harus memiliki segalanya siap dan terorganisasi ketika pelajaran mulai. Keberhasilan Anda selama tahun pelajaran akan ditentukan oleh apa yang Anda lakukan pada hari pertama pelajaran.

Guru Efektif Menghasilkan Akibat
Efektif berarti "mempengaruhi," "menghasilkan akibat."
Ketika kita berinteraksi dengan orang, seperti tukang pipa, salesman, dokter gigi, atau pengacara, Anda berharap orang itu efektif--menghasilkan akibat (hasil). Seperti juga guru efektif adalah seseorang yang dapat menghasilkan pembelajaran.

Menjadi efektif, seseorang harus cakap atau mumpuni. Cakap merujuk ke seseorang yang secara terus-menerus memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk, pada gilirannya, dapat mengajar secara efektif.

       Cakap: memiliki pengetahuan dan keterampilan
              Efektif: menghasilkan akibat
Guru Efektif berpengaruh sangat kuat pada kehidupan (siswa)

Guru Efektif Sangat Kuat Mempengaruhi Kehidupan
Guru yang cakap dan efektif lebih mampu mempengaruhi dengan sangat kuat kehidupan para siswa daripada guru yang tidak mumpuni dan efektif.

Guru efektif tahu bagaimana membawa kelas tertip dengan cepat, menjelaskan aturan dan prosedur, menemukan informasi penting tentang para siswa, dan memberitahu para siswa apa yang diharapkan dalam hari-hari mendatang.

Hubungan diciptakan dalam ruang kelas yang dijalankan secara efektif. Ada hubungan yang dipercaya antara guru efektif dan para siswa. Memahami tentang para siswa adalah penting dalam kelas yang dijalankan secara efektif.

Anda digaji untuk mempengaruhi dengan kuat kehidupan (siswa). Anda digaji tidak untuk mengajar kelas tiga, atau sejarah, atau pendidikan fisika, tetapi untuk mempengaruhi kehidupan. Sentuhlah kehidupan siswa, dan Anda akan memiliki siswa yang akan belajar sejarah, pendidikan fisika, bahkan ilmu pengetahuan dan matematika, menutup jendela, merapikan semua kertas, dan mempersilakan Anda untuk memulai mengajar.

Awal pelajaran adalah kritis. Apa yang Anda lakukan pada hari pertama pelajaran untuk mempengaruhi kehidupan siswa-siswa Anda menentukan sukses Anda untuk sisa waktu tahun pelajaran.

artikel pendidikan hari pertama pelajaran, artikel pendidikan hari pertama, artikel pendidikan pertama pelajaran
   
(EnglishKita.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...